Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan HTML dan HTML5


Perbedaan HTML dan HTML5 – Jika kalian rutin mengikuti tutorial tentang materi html di web ini, mungkin masih belum bisa membedakan mana html dan html5. Karena semua materi tentang html yang ada di sini itu sedikit sudah menggunakan html5. Di beberapa text editor juga sudah mulai mendukung syntax html5 tapi ada juga yang masih menggunakan html biasa atau versi html di bawah html5.


Perbedaan HTML dan HTML5

Tidak banyak perbedaan, hanya saja html5 itu sedikit lebih simple dari pada html sebelumnya, mulai dari syntax pembuka sampai pada tag tag yang mulai tidak digunakan. Ada banyak alasan mengapa html sebelumnya sudah mulai di tinggalkan, ya alasan paling mendasar adalah karena adanya html5 yang mungkin lebih memudahkan kita untuk memanipulasi dokument yang kita buat.
Nah, berikut ini bisa di perhatikan apa saja perubahan dari html sebelumnya dan html5

Syntax pembuka

Perhatikan tiap kode dari baris html berikut ini, di bawah ini adalah versi html sebelumnya
<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Transitional//EN""http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd">
<html xmlns="http://www.w3.org/1999/xhtml">
<head>
 <meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=utf-8"/>
 <title>Belajar di Web Design Purbalingga</title>
</head>
<body>
 
</body>
</html>
Dan ini adalah html5
<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
<head>
 <meta charset="UTF-8">
 <title>Belajar di Web Design Purbalingga</title>
</head>
<body>
 
</body>
</html>
Html sebelumnya terlihat sangat rumit, apalagi jika menggunakan text editor manual, atau yang tidak mendukung syntax html sebelumnya. Dan pada html5 menjadi sangat simple dan tidak terlalu rumit.

Struktur

Struktur atau blok struktur pada html sebelumnya masih menggunakan blok div yang kemudian kita bisa menambahkan atribut class dan id. Misalnya membuat struktur header maka syntaxnya adalah <div id = header> dan di akhiri dengan </div> penutup. Sedangkan pada html5, blok struktur tersebut sudah tidak di pakai dan kita bisa langsung menuliskan syntax <header> dan </header> penutup untuk membuat sebuah header. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini


Tag

Beberapa tag yang sering di pakai pada html sebelumnya sudah tidak digunakan lagi pada html5. Mengapa? Mungkin karena kurang efektif saja dan terlalu banyak menggunakan atribut tambahan jika tag tersebut di gunakan. Bukan berarti tag yang digunakan pada html sebelumnya sudah tidak berfungsi, masih tetap berfungsi. Nah, tag tag yang sudah tidak digunakan ini akan tetap berfungsi dengan cara menambahkannya pada file css. Berikut ini adalah tag html yang sudah tidak di pakai dan digantikan dengan tag yang baru atau pun dengan menambahkannya pada css.
No
Tag yang dihilangkan
Pengganti
1
<acronym>
<abbr>
2
<applet>
<object>
3
<basefont>
CSS
4
<big>
CSS
5
<center>
CSS
6
<dir>
<ul>
7
<font>
CSS
8
<frame>

9
<frameset>

10
<noframes>

11
<strike>
CSS
12
<tt>
CSS

Sekian materi tentang apa perbedaan html dan html5. Jika masih ada yang belum di sebutkan tentang perbedaan pada html dan html5 silahkan tambahkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di materi selanjutnya.

Post a Comment for "Perbedaan HTML dan HTML5"