Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi 1 : Mengenal CSS dan Fungsinya

Pengertian dan Kegunaan CSS

CSS adalah kumpulan kode program yang digunakan untuk mendesain atau mempercantik tampilan halaman HTML. Dengan CSS kita bisa mengubah desain dari text, warna, gambar dan latar belakang dari (hampir) semua kode tag HTML.

CSS atau Cascading Style Sheets adalah kumpulan kode yang digunakan untuk mendesain sebuah website. Pengertian mudahnya seperti ini, saat kalian menggambar sesuatu kalian pasti membutuhkan seperi pensil warna agar gambar yang kalian bisa lebih berwarna. Lebih simpelnya lagi, css itu adalah untuk kumpulan kode yang digunakan mendesain sebuah website.

CSS biasanya selalu dikaitkan dengan HTML, karena keduanya memang saling melengkapi. HTML ditujukan untuk membuat struktur, atau konten dari halaman web. Sedangkan CSS digunakan untuk tampilan dari halaman web tersebut. Istilahnya, “HTML for content, CSS for Presentation”.

Contoh Penerapannya

Contoh penerapan kode css cukup simple dan mudah dimengerti. Agar kamu bisa lebih mudah memahaminya, silahkan lihat struktur dasar penulisan kode css di bawah ini.

Penjelasan :

Selektor = Bagian mana yang akan kita hiasi dengan css nanti. Misalkan bagian <body>
Property = Tindakan yang akan kita berikan kepada selektor tadi. Misalkan propertynya kita beri background-color pada <body> tadi
Nilai = Nilai untuk propertynya. Misalkan property background-color tadi kita beri nilai redgreenblue dll.
Jika di terapkan akan seperti ini;



Post a Comment for "Materi 1 : Mengenal CSS dan Fungsinya"