Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Belajar HTML 5 : Heading dan Paragraf


Heading dan Paragraf – Sekarang kita akan masuk ke materi bagian struktur html atau struktur dari sebuah website yaitu bagian heading dan paragraf. Seperti biasa sebelum masuk lebih dalam tentang materi ini, silahkan pelajari kembali materi sebelumnya tentang tag-tag html, agar kedepannya tidak bingung saat ada struktur baru yang masuk ke dalam materi.

Heading dan Paragraf

Heading

Heading dalam dunia design web biasa disebut sebagai bagian elemen judul pada html. Dalam html, heading didefinisikan dengan tag <h1> sampai <h6> yang masing-masing memiliki kegunaan yang sama namun letak penggunaannya yang berbeda. Baik, mari kita lihat contoh penggunaannya di bawah ini.

<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
<head>
 <meta charset="UTF-8">
 <title>Latihan HTML</title>
</head>
<body>
 <!-- contoh heading -->
 <h1>Ini adalah judul</h1>
 <h2>Ini adalah judul</h2>
 <h3>Ini adalah judul</h3>
 <h4>Ini adalah judul</h4>
 <h5>Ini adalah judul</h5>
 <h6>Ini adalah judul</h6>
</body>
</html>

hasilnya


Tag heading < h1> tampak lebih besar dari tag heading lainnya, seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa letak penggunaan masing-masing tag heading berbeda-beda kalian pasti akan tau dengan sendirinya kapan tag heading lainnya digunakan, seperti tag heading <h2> bisa kita gunakan sebagai sub judul pada elemen html kita.

Paragraf

Mendengar kaata paragraf tentunya sudah tidak asing lagi, biasanya paragraf diletakan setelah judul atau subjudul. Paragraf dalam html didefinisikan dengan tag <p> yang artinya elemen yang ada di antara tag <p> adalah sebuah paragraf. Berikut contoh penggunaannya

<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
<head>
 <meta charset="UTF-8">
 <title>Latihan HTML</title>
</head>
<body>
 <!-- contoh heading -->

 <h1>Selamat Datang di Forum Web Design</h1>
 <h2>Tempat belajar dan sharing seputar web design</h2>

 <!-- Contoh paragraf -->
 <p>Ini adalah halaman website pertamaku.</p>
</body>
</html>

Hasilnya


Sekian materi tentang Heading dan Paragraf, semoga mudah dipahami dan sampai jumpa di materi selanjutnya. Jika ada hal-hal yang masih kurang jelas, silahkan tinggalkan pertanyaan kalian di kolom komentar di bawah ini.

Post a Comment for "Tutorial Belajar HTML 5 : Heading dan Paragraf"