Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Belajar HTML 8 : Iframe pada HTML


Iframe pada HTML – Iframe merupakan tag html yang digunakan untuk menampilkan halaman sebuah web dalam dokumen html tanpa perlu mengunjungi web tersebut secara langsung. Lebih simpelnya, iframe itu seperti membuat kotak preview dari halaman sebuah web.

Membuat Iframe pada HTML

Untuk membuat iframe kalian butuh satu tag baru yaitu tag <iframe> pembuka dan tag </iframe> penutup. Untuk menampilkan halaman webnya, kita butuh satu atribut untuk memanggil link halaman web tersebut yaitu atribut src=”” atau source, untuk lebih jelasnya, simak contohnya berikut ini
<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
<head>
 <meta charset="UTF-8">
 <title>Latihan HTML</title>
</head>
<body>

 <!-- Membuat Kotak Preview dengan Iframe -->

 <iframe src="https://webdesignpurbalingga.blogspot.com" ></iframe>
</body>
</html>
Hasilnya


Pada atribut src silahkan isi dengan sebuah link halaman web yang akan di tampilkan. Bagaimana jika ingin menambahkan ukuran lebar atau tinggi kotak preview nya, silahkan tambahkan atribut width dan height di dalam tag iframe. Berikut ini contohnya untuk menambah ukuran kotak preview iframe
<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
<head>
 <meta charset="UTF-8">
 <title>Latihan HTML</title>
</head>
<body>

 <!-- Membuat Kotak Preview dengan Iframe -->

 <iframe src="https://webdesignpurbalingga.blogspot.com" width="800px" height="400px"></iframe>
</body>
</html>
Hasilnya


Silahkan berikan nilai pada atribut width dan height sesuai dengan keinginan kalian. Pada contoh di atas pada atribut width diberikan nilai 800pixel dan height nya di beri nilai 400pixel.
Cukup sekian materi tentang membuat Iframe pada HTML, semoga mudah di pahami. Seperti biasa, jika ada yang belum di pahami, silahkan tinggalkan pertanyaan kalian di kolom komentar di bawah ini.

Post a Comment for "Tutorial Belajar HTML 8 : Iframe pada HTML"