Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Belajar HTML 16 : Entitas Karakter pada HTML


Entitas Karakter pada HTML – Dalam html kita tidak asing lagi dengan tanda lebih kecil dari (<) atau lebih besar dari (>) atau dikenal dengan istilah awal penulisan tag html. Lalu bagaimana cara menampilkan tanda (<) atau (>) dalam dokumen html. Kali ini yang akan kita bahas bukan hanya tanda lebih kecil dari dan lebih besar dari, akan tetapi kita akan membahas entitas karakter dalam html yang paling sering digunakan.

Entitas Karakter pada HTML

Yang perlu kalian ketahui tentang cara menampilkan entitas karakter html ini adalah komponen penulisannya. Komponen penulisan entitas karakter ini ada 3, yaitu tanda dan (&), tanda pagar (#) dan yang terakhir adalah tanda titik koma (;). Sebagai contoh, untuk menampilkan tanda lebih kecil dari dan lebih besar dari (<>) maka penulisannya adalah &lt; dan &gt; perhatikan cara penulisannya berikut ini dan tampilkan di browser kalian.
<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
<head>
 <meta charset="UTF-8">
 <title>Latihan HTML</title>
</head>
<body>
 <p>Ini adalah tanda lebih kecil dari dan tanda lebih besar dari &lt; &gt;</p>
</body>
</html>
Coba kalian membuat baris kode baru tapi ganti tanda &lt; dan &gt; menjadi < dan > seperti contoh berikut ini
<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
<head>
 <meta charset="UTF-8">
 <title>Latihan HTML</title>
</head>
<body>
 <p>Ini adalah tanda lebih kecil dari dan tanda lebih besar dari < > </p>
</body>
</html>
Hasilnya


Pasti tidak ada perubahan kan? Ya betul, karena yang ingin kita tampilkan adalah tandanya saja. Sekarang tambahkan huruf b pada masiing – masing baris kode di atas atau seperti kode di bawah ini.
<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
<head>
 <meta charset="UTF-8">
 <title>Latihan HTML</title>
</head>
<body>
 <p>Ini adalah tag bold &lt;b&gt;</p><br>
 <p>Ini adalah tag bold <b></p>
</body>
</html>
Hasilnya


Ada perbedaan? Tentu ada. Baris kode yang menggunakan tanda < dan > tidak akan menampilkan apa – apa dan browser akan membaca baris kode <b> tersebut adalah sebuah tag. 
Nah, itu sekelumit contoh penulisan entitas karakter pada html. Berikut ini adalah beberapa entitas karakter yang paling sering di gunakan.


Sekian materi kali ini tentang Entitas Karakter pada HTML. Seperti biasa, jika ada yang belum jelas silahkan tinggalkan pertanyaan kalian di kolom komentar dan sampai jumpa di materi berikutnya.

Post a Comment for "Tutorial Belajar HTML 16 : Entitas Karakter pada HTML"