Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Belajar JavaScript 2 : Penulisan Syntax

Penulisan Syntax JavaScript – Lain halnya dengan html, untuk bahasa yang satu ini kita perlu tag script untuk bisa menampilkan elemen yang di inginkan. Tag yang di butuhkan adalah <script> pembuka dan </script> penutup. Kita bisa menempatkan tag <script> tersebut yang nantinya akan  di isi dengan baris kode JavaScript kita, di mana saja di dalam halaman web kita, tetapi biasanya disarankan agar menyimpannya di dalam tag <head>.

Penulisan Syntax JavaScript

Fungsi tag <script> adalah untuk memberitahukan web browser untuk mulai menafsirkan semua teks di antara tag-tag ini sebagai skrip. Sintaks sederhana dari JavaScript kita nantinya akan muncul seperti contoh berikut ini.
<script>
 //perintah javascript di sini
</script>

Attribut Penting

Tag <script> memiliki dua attribut penting yang perlu di ketahui
- Language => Atribut ini menentukan bahasa skrip apa yang akan kita gunakan. Biasanya, nilai dari atribut ini adalah javascript. Meskipun versi terbaru dari HTML (dan XHTML, penggantinya) telah menghentikan penggunaan atribut ini.
- Type => Atribut ini berfungsi untuk menunjukkan bahasa scripting yang digunakan dan nilainya harus diatur ke "teks / javascript".
Jika tag <script> tadi di gabungkan dengan dua atributnya maka akan terlihat seperti baris kode di bawah ini
<script language="javascript" type="text/javascript">
 //perintah javascript di sini
</script>
Namun, yang paling sering di gunakan untuk saat ini adalah seperti baris kode di bawah ini
<script type="text/javascript">
 //perintah javascript di sini
</script>
Baiklah, materi kali ini tentang penulisan syntax javascript telah selesai. Jika ada yang kurang jelas silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk share artikel ini ke sosial media kalian dan sampai jumpa pada materi berikutnya.