Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Belajar JavaScript 6 : Tipe Data

Tipe Data pada Javascript – Pada materi yang lalu kita sudah belajar tentang operator pada javascript, pada materi tersebut bisa di jadikan salah satu contoh variabel yang menyimpan tipe data number atau angka. Misalnya variabel x = 8, itu artinya variabel x menyimpan tipe data jenis number yaitu angka 8.

Tipe Data pada Javascript

Variabel JavaScript dapat menyimpan banyak tipe data, diantaranya adalah angka, string, bolean, objek, dan lainnya. Agar lebih jelasnya mari kita ulas satu persatu tipe data ini dan bagaimana implementasinya di dalam javascript.

Tipe Data Number / Angka

x = 8;     // bilangan bulat
x = 3.4    // bilangan decimal
Variabel x menyimpan tipe data berupa angka yaitu angka 8. Penulisan tipe data ini adalal langsung menuliskan sesuai tipe datanya yaitu angka.

Tipe Data String

x = "Web Design Purbalingga";

Variabel x menyimpan nilai berupa teks yang merupakan tipe data string. Jadi, untuk penulisan tipe data ini dengan membungkus teks yang akan di tampilkan dengan cara memberikan 2 tanda petik (“teks anda di sini”)

Tipe Data Bolean

Nilai dari tipe data ini hanya ada dua kemungkinan yaitu antara true dan false.

x = 8;
y = 8;
z = 3;

document.getElementById("tampil"). innerHTML = (x == y) + "
" + (x == z);

Dan hasilnya adalah
True // (x == y) atau apakah x sama dengan y? jawabannya adalah true (benar)
False // (x == z) atau apakah x sama dengan z? jawabannya adalah false (salah)

Tipe Data Array

Array dalam JavaScript ditulis dimulai dengan brackets atau tanda kurung siku buka ([) dan tutup (]). Setiap item yang ada dalam kurung siku tersebut di pisahkan dengan tanda koma (,). Berikut ini kita buat sebuah array nama sayuran.

sayuran = ["kangkung","brokoli","buncis"];

document.getElementById("tampil"). innerHTML = sayuran[1];

Untuk menampilkan hasilnya, cukup panggil variabelnya
brokoli
Mengapa yg tampil hanya brokoli saja? Karena array dimulai dari 0, dan jika yang kita minta adalah sayuran[1] maka yg tampil adalah brokoli. Karena brokoli adalah index ke 1

Tipe Data Object

Objek JavaScript ditulis dengan tanda kurung kurawal. Properti objek ditulis dengan nama dan nilainya, yang dipisahkan dengan koma. Perhatikan berikut ini

biodata = {nama : "Anwar Baharuddin Ahmad", alamat : "Purbalingga", umur : 42 };

document.getElementById("tampil").innerHTML = "Nama Saya " + biodata.nama + " dan alamat Saya di " + biodata.alamat + "." + "Umur Saya adalah " + biodata.umur + " Hari.";

Hasilnya adalah
Nama Saya Anwar Baharuddin Ahmad dan alamat saya di Purbalingga. Umur Saya adalah 42 Hari.

Jika ada yang belum jelas, silahkan tinggalkan pertanyaan kalian di kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi pada materi selanjutnya.