Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ngoding Copy Paste, Boleh?



Ngoding Copy Paste, Boleh? – Banyak alasan kenapa harus copy paste bukan?. Salah satunya rasa malas. Dan juga banyak hal yang melatarbelakangi seseorang harus copy paste. Lalu ada banyak pertanyaan seperti ini, “apakah layak di katakan programmer, jika projek yang di buat hasil copy paste sana sini?”. Jawabannya bisa jadi ya, dan juga tidak.





Ngoding Copy Paste, Boleh?

Jika copy paste untuk membersingkat waktu, saya rasa tak masalah. Dengan syarat, poin yang di copy paste sudah di pahami lebih dulu maksud dan fungsinya. Lagi pula, beberapa logic tak bisa di gunakan (copy paste) begitu saja tanpa menganalisa maksud atau fungsi dari baris kode yang di ambil. Contohnya, untuk membuat template sebuah aplikasi, kita bisa gunakan yang sudah di publis oleh web designer lain secara gratis di google.




Yang tidak di perkenankan adalah, meng copy paste seluruh projek orang lain yang sudah jadi lalu kita mengakui sisi projek tersebut, atau mengatakan bahwa itu bikinan kita sendiri.




Beberapa poin yang harus di perhatikan saat ingin melakukan copy paste.






Pahami maksud dan fungsinya
Setelah copy paste, cobalah untuk membuat logic versi lain yang hasilnya sama dengan logic yang sudah di copy paste sebelumnya. Ini bertujuan agar kita benar-benar paham dengan fungsi yang akan digunakan







Ada banyak cara selain copy paste. Salah satunya adalah kita bisa membuat dokumentasi sendiri yang bisa kita akses tiap waktu untuk mencari fungsi yang dibutuhkan saat kita mengalami kesulitan.




Sekian, semoga bermanfaat.