Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi CSS Selectors 1 : CSS Class Selektor

CSS Class Selektor – Masih banyak yang bingung dengan selektor css yang sering digunakan, itu karena kita belum paham betul tentang selektor itu sendiri. Jadi, simpelnya tentang selektor ini adalah suatu pembungkus untuk mengelompokan objek dalam suatu dokumen html agar memudahkan kita dalam memberikan perintah yang diinginkan. Lebih sederhananya, ada sebuah kantong plastik berisikan air yang bening lalu kemudian saya masukan cairan pasta berwarna merah. Nah, kantong plastik adalah selektor dan air adalah objeknya sedangkan pasta berwarna merah adalah perintahnya.

CSS Class Selektor

Class adalah salah satu selektor dalam css yang harus kita pahami cara penggunaannya. Jika dalam html, class adalah attribut. Agar lebih jelas lagi perhatikan baris kode berikut ini
<p class="contoh">
Belajar Web Design dan Web Programming di Web Design Purbalingga itu menyenangkan.
</p>
Di atas adalah contoh dokumen html, dan berikut ini adalah cara memanggil dengan css saat kita ingin memberikan perintah.
.contoh {
  background-color: yellow;
}
Coba perhatikan kembali kode sebelumnya yaitu class=”contoh”, maka saat kita akan memberikannya perintah dalam css akan menjadi .contoh. Jadi, kata class akan berubah jadi titik (.), lalu di lanjutkan dengan nilai class itu sendiri dalam hal ini nilai classnya adalah contoh.
Dan hasilnya adalah seperti gambar berikut ini
Baiklah, kalian telah mengikuti materi tentang CSS Class Selektor. Jika ada yang belum dipahami, seperti biasa silahkan tinggalkan pertanyaan kalian di kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk selalu dukung kami degan cara meng- share materi ini ke sosial media kalian. Terima kasih