Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Belajar JavaScript 1 : Pengertian dan Fungsi

Pengertian dan Fungsi JavaScript – JavaScript adalah salah satu bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat halaman web kita lebih interaktif seperti menambahkan game – game ringan, efek animasi dan lain sebagainya.

Pengertian dan Fungsi JavaScript

Pengertian JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman client side atau dengan kata lain, kode javascript kita akan di proses oleh client (browser seperti chrome, ie, dll). JavaScript sangat sering digunakan dan dikolaborasikan dengan HTML.

Fungsi JavaScript

Seperti yang sudah di singgung di atas, fungsi dari bahasa pemrograman javascript ini adalah membuat tampilan website kita lebih interaktif. Contohnya adalah pemberian layout, memberikan efek animasi, animasi saat mengklik tombol dan juga kita bisa membuat sebuah game sederhana dengan javascript.
Berikut ini adalah contoh baris kode javascript. Tulis baris kode berikut ini dan save dengan nama belajar-javascript.html lalu tampilkan hasilnya di browser masing – masing.
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
 <title>Belajar JavaScript 1</title>
</head>
<body>
 <h2 id="berubah">Tulisan ini akan berubah</h2>

 <button type="button" onclick='document.getElementById("berubah").innerHTML = "Sekarang Belajar JavaScript di Web Design Purbalingga !"'>Klik Ini</button>
</body>
</html>
Baiklah, semoga bisa di pahami tentang pengertian dan fungsi javascript di atas. Jangan lupa untuk mengikuti seri artikel kami yang lainnya dan sampai jumpa di artikel berikutnya.