Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengakses Localhost di Android atau di Laptop Lain

Cara Mengakses Localhost di Android atau di Laptop Lain - Judul ini cukup ambigu, tapi saya tidak peduli :D. Inti dari artikel ini adalah bagaimana kita mengakses localhost atau server lokal kita di perangkat android atau di perangkat lainnya seperti laptop dan komputer. Misal untuk melihat apakah hasil kodingan kita itu sudah responsive atau belum, kita bisa langsung melihatnya di perangkat mana yang akan di jadikan ukuran tanpa harus di hosting terlebih dahulu.



Mengakses Localhost di Perangkat Lain




Misal saya memiliki 3 (tiga) perangkat, ada laptop, komputer dan android. Saya ngodingnya di komputer dan saya ingin melihat hasil kodingan saya di dua perangkat lainnya yaitu di laptop dan android. Caranya cukup mudah, mari simak langkah-langkah nya berikut ini.

1. Pastikan kalian memiliki akses internet, bisa menggunakan jaringan hotspot dari android atau lebih bagus lagi jika kalian punya koneksi wifi sendiri.

2. Berikutnya adalah mengetahui alamat ip address komputer kita yang sudah terinstal xampp atau perangkat yang digunakan untuk ngoding.

3. Caranya adalah buka command prompt kalian dan ketikan ipconfig, di situ akan tampil ip address komputer kalian. Lebih jelasnya bisa lihat gambar berikut ini

4. Setelah itu buka browser yang ada dilaptop atau di android lalu ketikan di address bar nya alamat-ip-komputer/xampp atau 192.16.337.2/xampp

5. Sampai di sini seharusnya tidak ada masalah. Kalian sekarang bisa mengakses folder projek kalian yang lain yang ada di dalam folder htdocs.





Satu tips lagi, bagi yang menggunakan codeigniter kalian perlu mengatur ulang base_url yang ada di config.php. Yang awalnya berisi localhost/nama_folder harus di ubah menjadi ip-address/nama_folder atau contoh 192.16.337.2/toko.






Sekian

Post a Comment for "Cara Mengakses Localhost di Android atau di Laptop Lain"