Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Codeigniter : Intro

Intro Codeigniter - Materi ini seharusnya lebih dulu dari pada materi konfigurasi yang sudah kita bahas di awal materi ini ya. Pada materi konfigurasi dasar codegniter kita sudah sudah sampai pada halaman welcome codeigniter, dan pada materi ini kita akan bahas bagaimana halaman welcome tersebut bisa tampil dan bekerja.
Intro Codeigniter
Jika kita perhatikan struktur file default dari codeigniter ini, kita akan mendapati 1 file controller bernama Welcome.php dan juga 1 file view yang bernama welcome_message.php. Nah apa hubungan dari 2 file ini? File Welcome.php adalah controller utama yang pertama yang akan di akses saat web kita di jalankan. Dari mana kita tahu bahwa Welcome.php adalah controller utama?. Silahkan cek di file routes.php yang ada di folder config, bisa dilihat pada baris route pertama yaitu default_controller adalah welcome.
Lalu ada file welcome_message.php yang berfungsi sebagai view atau alat penampil data yang sudah dikirimkan oleh si controller utama Welcome.php. Apakah welcome_message.php bisa menampilkan sesuatu jika tidak ada instruksi dari controller Welcome.php? jawabannya tidak bisa. Itu sebabnya di namakan controller sebagai alat pengontrol yang akan di kirim ke view. Mari kita coba contoh lain.
1. Buatlah 1 controller baru dengan nama Belajar.php
2. Lalu buatlah 1 view dengan nama belajar.php
3. Tulislah baris kode di bawah ini ke dalam file controller Belajar.php
<?php 
defined('BASEPATH') OR exit('No direct script access allowed');

class Belajar extends CI_Controller {
 public function index() {
  $data['title'] = 'Ini judul';
  $this->load->view('belajar', $data);
 }
}
4. Kemudian tulis lagi baris kode dibawah ini ke dalam file view belajar.php
<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
<head>
 <meta charset="UTF-8">
 <title><?php echo $title; ?></title>
</head>
<body>
 <h1>Belajar CodeIgniter</h1>
</body>
</html>
5. Jangan lupa untuk menyimpannya atau Ctrl+s
6. Buka browser kalian dan ketikkan di address bar http://localhost/nama_folder_projek/belajar
7. Jika hasilnya seperti ini, berarti kita sudah berhasil membuat aplikasi pertama kita menggunakan codeigniter
Penjelasan kode :
defined('BASEPATH') OR exit('No direct script access allowed');

Perintah bawaan saat membuat controller baru
class Belajar extends CI_Controller {

Baris kode yang ini untuk mendefinisikan controller baru kita yaitu controller Belajar.php dengan di tandai adanya baris class Belajar. Jika nama controllernya Membaca, maka class nya berubah menjadi class Membaca. Dan juga perlu diperhatikan untuk penulisan classnya adalah case sensitive yang artinya beda antara Belajar dan belajar.
public function index() {

Public function artinya fungsi ini bisa di akses oleh siapapun dari url browser. Lalu index() artinya fungsi ini adalah fungsi utama yang akan di jalankan oleh controller jika kita mengakses controller Belajar melalui url browser.
$data['title'] = 'Ini judul';

Nah ini berfungsi sebagai penampung data yang akan di kirimkan ke file view nantinya. Tulisan Ini judul akan kita tampilkan di atas tab browser kita.
$this->load->view('belajar', $data);

Baris kode ini berfungsi untuk meload atau memanggil file view belajar.php dan juga di sana ada $data yang artinya memanggil $data yang ada di atasnya agar bisa di tampilkan di halaman view belajar.php
Sekian materi kali dan sampai jumpa di materi berikutnya.

Post a Comment for "Belajar Codeigniter : Intro"